Selasa, 01 November 2016

Tutorial GDevelop Bahasa Indonesia Bagian 2: Berkenalan dengan GDevelop

Setelah kita tahu, apa itu GDevelop, mari kita sedikit berkenalan dengan perangkat lunak sederhana namun sangat canggih ini.

Untuk mengunduh GDevelop, silahkan klik disini dan ambil versi terbaru dengan mengklik pada tombol Download yang ada di halaman utama situs tersebut untuk mendapatkan berkas installer atau anda dapat mengunduh versi portable dari GDevelop dan dapat langsung digunakan tanpa harus memasangnya terlebih dahulu. Saya menggunakan berkas installer dan versi pada saat tulisan ini dibuat adalah versi 4.0.92.1, dan mungkin seiring waktu berjalan, saat anda membaca artikel ini, versi GDevelop sudah lebih baru dan ada beberapa hal yang sudah tidak relevan lagi dengan tutorial ini.
Pemasangan GDevelop sendiri tidak rumit, anda hanya jalankan Installer dan klik setuju (Agree) dengan persyaratan, lalu klik next, next dan next dengan tanpa mengubah apapun untuk mendapatkan pemasangan penuh (Full Installation) termasuk di dalamnya beberapa contoh dan aset game yang dapat anda pakai.

Setelah GDevelop terpasang pada komputer anda, silahkan anda jalankan, maka anda akan disambut oleh halaman depan GDevelop seperti ini:


Tampilan GDevelop sangat sederhana, tanpa riasan berlebihan seperti pada perangkat lunak lainnya dan terkesan membosankan. Namun anda jangan tertipu dengan penampilan, karena katanya kan, jangan menilai sebuah buku dari sampulnya saja.

Disana nampak sederet tab menu utama berisi File, Projects, Images Bank, Scene, Events, Objects dan Code.
  1. File berisi submenu standar seperti yang terdapat pada perangkat lunak lain pada umumnya juga memiliki submenu untuk mengekspor game yang kita buat ke berbagai Platform.
  2. Projects berisi submenu berupa ikon pintasan untuk menyunting proyek game sedang kita kerjakan, juga termasuk fungsi konversi berkas suara dan gambar.
  3. Images Bank adalah menu untuk menambah, menghapus dan melihat berkas gambar untuk game yang sedang dikerjakan.
  4. Scene adalah menu untuk menyunting Scene atau level game. Anda dapat mengubah tata ruang, menambah objek, menambah gambar latar dan lain sebagainya, juga anda dapat mencoba menjalankan game yang sedang anda kerjakan untuk mengetahui hasilnya.
  5. Events adalah tempat untuk menyunting event pada game. Event adalah segala kejadian yang ada pada game dan game akan menanggapinya. Misalnya, jika peluru lakon menyentuh karakter jahat, game akan menanggapinya dengan menghapus karakter jahat tersebut dari game.
  6. Objects adalah tempat anda menambah, menyunting atau menghapus objek dari Scene. Objek adalah benda atau karakter dalam game, baik benda aktif seperti sang pahlawan dan penjahat atau benda tidak aktif seperti batu atau rintangan.
  7. Code adalah tempat anda menyunting kode game anda.
Semua fungsi diatas akan dipergunakan penuh dalam pembuatan sebuah game apalagi jika anda membuat game yang rumit, namun jika anda seorang pemula, tidak perlu khawatir dengan segala kerumitannya karena anda hanya perlu menggunakan beberapa fungsi dasar untuk membuat game anda berjalan dengan baik.

Sampai disini perkenalan kita dengan GDevelop, pada kesempatan yang akan datang, saya akan mengajak anda untuk membuat game sederhana menggunakan GDevelop.

Terima kasih sudah membaca :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar